Rabu, 25 April 2012

ACN-PCN


Strength of Pavement (Kekuatan Perkerasan)  
Standar - Kekuatan daya dukung perkerasan di sebuah Bandara Internasional dimaksudkan untuk pesawat dari apron (ramp) dengan massa lebih besar dari 5700kg harus tersedia dengan menggunakan metode klasifikasi nomor pesawat  - klasifikasi nomor perkerasan (ACN-PCN) dengan melaporkan semua informasi berikut:
  1. Klasifikasi nomor perkerasan (PCN);
  2. Penentuan tipe perkerasan ACN-PCN;
  3. Kategori kekuatan tanah dasar;
  4. Kategori tekanan ban maksimum yang diijinkan atau maksimum nilai tekanan ban yang diijinkan, dan
  5. Metode evaluasi.
Rekomendasi - Kekuatan daya dukung perkerasan di sebuah Bandara Internasional dimaksudkan untuk pesawat dari apron (ramp) dengan massa lebih besar dari 5700kg harus tersedia dengan menggunakan metode klasifikasi nomor pesawat  - klasifikasi nomor perkerasan (ACN-PCN) dengan melaporkan semua informasi berikut:
  1. Klasifikasi nomor perkerasan (PCN);
  2. Penentuan tipe perkerasan ACN-PCN;
  3. Kategori kekuatan tanah dasar;
  4. Kategori tekanan ban maksimum yang diijinkan atau maksimum nilai tekanan ban yang diijinkan, dan
  5. Metode evaluasi.
Catatan - Jika perlu, PCNs dapat dipublikasikan dengan akurasi sepersepuluh dari seluruh nomor.
Rekomendasi - Kekuatan daya dukung perkerasan dimaksudkan untuk pesawat dari apron (ramp) dengan massa sama dengan atau kurang dari 5700kg harus tersedia dengan melaporkan informasi berikut:
  1. maksimum massa pesawat yang diijinkan, dan
  2. maksimum tekanan ban yang diijinkan (misalnya 4000kg/0.50MPa).
Catatan - Metode ACN-PCN dimaksudkan hanya untuk publikasi data kekuatan perkerasan. Hal ini tidak dimaksudkan untuk desain atau evaluasi perkerasan.
Standar - Klasifikasi nomor perkerasan (PCN) akan menunjukkan indikasi bahwa sebuah pesawat dengan nomor klasifikasi pesawat (ACN) sama dengan atau kurang dari nilai PCN yang dilaporkan dapat beroperasi pada subjek perkerasan dengan batasan pada tekanan ban, atau semua pesawat udara massal untuk tipe pesawat tertentu.
Catatan 1  – Nilai PCN dapat dilaporkan berbeda jika kekuatan perkerasan tunduk pada variasi musiman yang signifikan.
Catatan 2 - Nilai ACN dari pesawat terbang ditentukan sesuai dengan prosedur standar yang terkait dengan metode ACN-PCN.
Catatan 3 - Prosedur standar untuk menentukan ACN dari pesawat udara diberikan dalam Pedoman Perencanaan Aerodrome, Bagian 3. Untuk kenyamanan beberapa jenis pesawat yang sedang digunakan telah dievaluasi terhadap perkerasan kaku dan fleksibel didirikan pada empat kategori tanah dasar dalam Tabel dan hasil tabulasi manual.
Tabel 1. Perkerasan Klasifikasi Nomor (PCN) Kode Pelaporan
Penentuan Jenis Perkerasan
Rigid Pavement
R
Flexible Pavement
F
Catatan – Jika konstruksi actual adalah komposit atau tidak standar, lihat contoh 2.

Tabel 2. Perkerasan Klasifikasi Nomor (PCN) Kode Pelaporan
Kategori Kekuatan Tanah Dasar
High Strength: K = 150 MN/m3 dan mewakili semua nilai-nilai K di atas 120MN/m3 untuk perkerasan kaku, dan dengan CBR = 15 dan mewakili semua nilai CBR di atas 13 untuk perkerasan lentur.
A
Medium Strength: K = 80 MN/m3 dan mewakili rentang K dari 60 sampai 120MN/m3 untuk perkerasan kaku, dan dengan CBR = 10 dan mewakili berbagai CBR di 8 sampai 13 untuk perkerasan lentur.
B
Low Strength: K = 40 MN/m3 dan mewakili berbagai K dari 25 sampai 60MN/m3 untuk perkerasan kaku, dan dengan CBR = 6 dan mewakili rentang CBR 4 sampai 8 untuk perkerasan lentur.
C
Ultra Low Strength: K = 20 MN / m 3 dan mewakili semua nilai-nilai K di bawah 25MN/m3 untuk perkerasan kaku, dan dengan CBR = 3 dan mewakili semua nilai CBR di bawah 4 untuk perkerasan lentur
D


Tabel 3. Perkerasan Klasifikasi Nomor (PCN) Kode Pelaporan
Kategori Tekanan Ban Maksimum
High: tidak ada batasan tekanan
W
Medium: tekanan ban sampai 1.50 Mpa
X
Low: tekanan ban sampai 1.00 Mpa
Y
Very Low: tekanan ban sampai 0.50 Mpa
Z

Tabel 4. Perkerasan Klasifikasi Nomor (PCN) Kode Pelaporan
Metode Evaluasi
Technical Evaluation: nilai PCN dihitung berasal dari sebuah studi spesifik karakteristik perkerasan dan penerapan teknologi perkerasan perilaku.
T
Using Aircraft Experience: nilai PCN sudah ditentukan oleh pabrik perakitan pesawat.
U
Catatan - Contoh-contoh berikut menggambarkan bagaimana data kekuatan perkerasan dilaporkan berdasarkan metode ACN-PCN.

Contoh 1 - Jika kekuatan daya dukung dari perkerasan kaku, bertumpu pada kekuatan tanah dasar menengah, telah dinilai oleh evaluasi teknis untuk menjadi PCN 80 dan tidak ada batasan tekanan ban, maka informasi yang dilaporkan adalah:
PCN 80 / R / B / W / T
Contoh 2 - Jika kekuatan daya dukung dari perkerasan komposit, berperilaku seperti perkerasan lentur dan bertumpu pada tanah dasar kekuatan tinggi, telah dinilai dengan menggunakan pengalaman pesawat menjadi PCN 50 dan tekanan ban maksimum yang diijinkan adalah 1.00MPa, maka informasi yang dilaporkan akan :
PCN 50 / F / A / Y / U Catatan - konstruksi Komposit.
Contoh 3 - Jika kekuatan daya dukung dari perkerasan lentur, bertumpu pada kekuatan tanah dasar menengah, telah dinilai oleh evaluasi teknis untuk menjadi PCN 40 dan tekanan ban maksimum yang diijinkan adalah 0.80MPa, maka informasi yang dilaporkan adalah:
PCN 40/F/B/0.80 MPa / T
Contoh 4 - Jika perkerasan dikenakan pembatasan pada B747-400 dengan massa 390000kg, maka informasi yang dilaporkan akan mencakup catatan berikut.
Catatan - PCN dilaporkan dikenakan pembatasan pada B747-400 dengan massa 390000kg.

Standar - Untuk keperluan penentuan ACN, perilaku perkerasan diklasifikasikan sebagai setara dengan konstruksi kaku atau fleksibel.
Standar - Informasi tentang jenis perkerasan untuk penentuan nilai ACN-PCN, kategori kekuatan tanah dasar, kategori tekanan ban maksimum yang diijinkan dan metode evaluasi harus dilaporkan menggunakan kode yang ditentukan dalam tabel.
Rekomendasi - Prosedur harus ditetapkan untuk mengatur penggunaan perkerasan dengan pesawat terbang dengan ACN lebih tinggi dari nilai PCN.
Diakses pada tanggal 12 Maret 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar