Strength of
Pavement (Kekuatan Perkerasan)
Standar - Kekuatan daya dukung perkerasan di
sebuah Bandara Internasional dimaksudkan untuk pesawat dari apron (ramp) dengan
massa lebih besar dari 5700kg harus tersedia dengan menggunakan metode
klasifikasi nomor pesawat - klasifikasi
nomor perkerasan (ACN-PCN) dengan melaporkan semua informasi berikut:
- Klasifikasi nomor perkerasan (PCN);
- Penentuan tipe perkerasan ACN-PCN;
- Kategori kekuatan tanah dasar;
- Kategori tekanan ban maksimum yang diijinkan atau maksimum nilai tekanan ban yang diijinkan, dan
- Metode evaluasi.
Rekomendasi - Kekuatan daya dukung perkerasan di
sebuah Bandara Internasional dimaksudkan untuk pesawat dari apron (ramp) dengan
massa lebih besar dari 5700kg harus tersedia dengan menggunakan metode
klasifikasi nomor pesawat - klasifikasi
nomor perkerasan (ACN-PCN) dengan melaporkan semua informasi berikut:
- Klasifikasi nomor perkerasan (PCN);
- Penentuan tipe perkerasan ACN-PCN;
- Kategori kekuatan tanah dasar;
- Kategori tekanan ban maksimum yang diijinkan atau maksimum nilai tekanan ban yang diijinkan, dan
- Metode evaluasi.
Catatan
- Jika perlu, PCNs dapat dipublikasikan dengan akurasi sepersepuluh dari
seluruh nomor.
Rekomendasi - Kekuatan daya dukung perkerasan
dimaksudkan untuk pesawat dari apron (ramp) dengan massa sama dengan atau
kurang dari 5700kg harus tersedia dengan melaporkan informasi berikut:
- maksimum massa pesawat yang diijinkan, dan
- maksimum tekanan ban yang diijinkan (misalnya 4000kg/0.50MPa).
Catatan
- Metode ACN-PCN dimaksudkan hanya untuk publikasi data kekuatan perkerasan. Hal ini tidak dimaksudkan untuk
desain atau evaluasi perkerasan.
Standar - Klasifikasi nomor perkerasan (PCN) akan
menunjukkan indikasi bahwa sebuah pesawat dengan nomor klasifikasi pesawat
(ACN) sama dengan atau kurang dari nilai PCN yang dilaporkan dapat beroperasi
pada subjek perkerasan dengan batasan pada tekanan ban, atau semua pesawat
udara massal untuk tipe pesawat tertentu.
Catatan
1 – Nilai PCN dapat dilaporkan berbeda jika
kekuatan perkerasan tunduk pada variasi musiman yang signifikan.
Catatan
2 - Nilai ACN dari pesawat terbang ditentukan sesuai dengan prosedur standar
yang terkait dengan metode ACN-PCN.
Catatan
3 - Prosedur standar untuk menentukan ACN dari pesawat udara diberikan dalam
Pedoman Perencanaan Aerodrome, Bagian 3.
Untuk kenyamanan beberapa jenis pesawat yang sedang digunakan telah
dievaluasi terhadap perkerasan kaku dan fleksibel didirikan pada empat kategori
tanah dasar dalam Tabel dan hasil tabulasi manual.
Penentuan Jenis
Perkerasan
Catatan
– Jika konstruksi actual adalah komposit atau tidak standar, lihat contoh 2.
Tabel 2. Perkerasan Klasifikasi Nomor
(PCN) Kode Pelaporan
Kategori Kekuatan Tanah Dasar
Tabel 3. Perkerasan Klasifikasi Nomor
(PCN) Kode Pelaporan
Kategori Tekanan
Ban Maksimum
Tabel 4. Perkerasan Klasifikasi Nomor
(PCN) Kode Pelaporan
Metode Evaluasi
Catatan - Contoh-contoh berikut menggambarkan
bagaimana data kekuatan perkerasan dilaporkan berdasarkan metode ACN-PCN.
Contoh 1 - Jika kekuatan daya dukung dari perkerasan kaku,
bertumpu pada kekuatan tanah dasar menengah, telah dinilai oleh evaluasi
teknis untuk menjadi PCN 80 dan tidak ada batasan tekanan ban, maka informasi
yang dilaporkan adalah:
PCN 80 / R / B / W / T Contoh 2 - Jika kekuatan daya dukung dari perkerasan komposit, berperilaku seperti perkerasan lentur dan bertumpu pada tanah dasar kekuatan tinggi, telah dinilai dengan menggunakan pengalaman pesawat menjadi PCN 50 dan tekanan ban maksimum yang diijinkan adalah 1.00MPa, maka informasi yang dilaporkan akan : PCN 50 / F / A / Y / U Catatan - konstruksi Komposit. Contoh 3 - Jika kekuatan daya dukung dari perkerasan lentur, bertumpu pada kekuatan tanah dasar menengah, telah dinilai oleh evaluasi teknis untuk menjadi PCN 40 dan tekanan ban maksimum yang diijinkan adalah 0.80MPa, maka informasi yang dilaporkan adalah: PCN 40/F/B/0.80 MPa / T Contoh 4 - Jika perkerasan dikenakan pembatasan pada B747-400 dengan massa 390000kg, maka informasi yang dilaporkan akan mencakup catatan berikut. Catatan - PCN dilaporkan dikenakan pembatasan pada B747-400 dengan massa 390000kg. Standar - Informasi tentang jenis perkerasan untuk penentuan nilai ACN-PCN, kategori kekuatan tanah dasar, kategori tekanan ban maksimum yang diijinkan dan metode evaluasi harus dilaporkan menggunakan kode yang ditentukan dalam tabel. Rekomendasi - Prosedur harus ditetapkan untuk mengatur penggunaan perkerasan dengan pesawat terbang dengan ACN lebih tinggi dari nilai PCN. Diakses pada tanggal 12 Maret 2012 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar